PANDUAN MEMILIH LAPTOP

Source: unsplash.com



Pernah gak sih kalian membeli suatu barang, lalu kalian menyesalinya karena barang tersebut tidak sesuai dengan keinginan kalian?

Bayangkan kalian membeli sebuah barang dengan harga 3 hingga puluhan juta lalu kalian menyesalinya, karena barang yang anda inginkan ternyata tidak sesuai harapan!


Maka dari itu, saya membuat artikel ini.


INGAT! Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman saya saja.




MENENTUKAN BUDGET


Penentuan budget ini sangat penting , langkah ini dilakukan agar dalam memilih laptop nanti. Kalian tidak perlu mencari laptop dengan budget yang lebih tinggi sehingga kalian bisa menyeleksi laptop dengan lebih detail.


MENCARI SPESIFIKASI


Dalam mencari spesifikasi, biasanya saya akan menulis laptop dengan jarak budget yang saya punya. Lalu saya akan membandingkannya pada website https://www.passmark.com/. Disitu akan terlihat spesifikasi mana yang lebih unggul. Sehingga kalian lebih mudah untuk memilih.


Jangan lupa untuk melihat kualitas layar, I/O Port, Speaker, keyboard dan Touchpad. Lalu pastikan juga tersedianya webcam (Saya hanya mementingkan keberadaan webcam ini daripada kualitasnya).


Sesuaikan dengan kebutuhan kalian dalam memakai laptop nanti. Misal kalau kalian ingin menggunakan laptop untuk photo editing berarti kalian harus memilih spesifikasi minimal core-i5 dengan discrete graphic. Layar juga memiliki akurasi warna yang tinggi dan lain lain.


Beda dengan kebutuhan kalian sebagai penulis atau hanya multimedia. Biasanya hanya mementingkan daya tahan baterai serta portabilitas laptop tersebut (Agar pekerjaan bisa dibawa kemana-mana).


Langkah yang paling mudah adalah dengan melihat review laptop-laptop dengan kisaran budget yang anda punya. Bila reviewnya bagus, kalian bisa menjadikannya pilihan.


Lalu jangan lupa untuk memikirkan mengenai upgrade SSD serta RAM. Dua faktor ini sangat penting, terutama untuk menjaga umur laptop. Hardisk yang sering digunakan pada laptop memang memiliki kapasitas besar, tetapi mudah rusak. Apabila sering digunakan atau dibawa bepergian. Belum lagi hardisk yang sudah berumur akan memperlambat kinerja laptop mu.


Tidak suka kan laptop anda semakin lemot?


MENCARI DI TOKO ONLINE


Sebenarnya opsi mencari di toko online biasanya saya tempatkan pada urutan sebelum memilih spesifikasi atau bisa juga sesudahnya. Pasalnya ketika saya memilih atau mencari spesifikasi , saya juga sekaligus mencari laptop dengan kisaran harga pada budget saya.


Opsi ini dapat kalian pakai untuk memantapkan membeli laptop dengan jenis apa. Karena sepengalaman saya, apabila nanti kalian membeli laptop langsung pada toko offline, maka kalian akan ditawarkan pada laptop yang kurang sesuai.


Dikarenakan penjual atau reseller pasti akan memberikan masukan yang menurut saya kurang baik. Karena mereka akan memberikan saran agar kalian membeli laptop yang ada pada toko tersebut. Intinya, mereka hanya menjual laptop kepada kalian, entah laptop itu nanti memang cocok dengan anda atau tidak.


MENCARI DI TOKO OFFLINE


Lalu apabila anda sudah memiliki pilihan laptop yang pas, maka kalian dapat mencarinya di toko online maupun offline. Biasanya memang harga di toko online lebih murah, akan tetapi kalian harus memikirkan ongkirnya.


Saran saya apabila kalian membawa pilihan jenis laptop yang kalian inginkan ke toko offline, sebaiknya jangan langsung mempercayai saran dari penjual. Ada baiknya kalian cari informasi dahulu.


SARAN


Memang mencari laptop idaman tidak mudah, perlu diperhatikan detail detail kecil, agar kalian tidak menyesal nantinya.


Perkembangan pasar laptop sangatlah cepat, setiap tahun vendor juga melakukan update. Maka jangan menyesal apabila performa laptop anda akan kalah telak satu atau dua tahun. Jikalau kalian memiliki uang lebih, maka saya sangat menyarankan untuk membeli sebuah PC dan laptop dengan portabilitas tinggi.


DEMIKIAN artikel singkat dari saya, semoga dapat membantu kalian yang ingin atau sedang membeli laptop. Semoga kalian mendapatkan laptop yang kalian idamkan.


Comments